PENAMAAN MAKANAN BERBAHAN UBI DI MINANGKABAU

Silvia Fransiska, Reniwati Reniwati, Lindawati Lindawati

Abstract


Artikel ini membahas nama-nama serta asal penamaan makanan berbahan baku ubi di Minangkabau. Metode yang digunakan pada penyedian data adalah metode cakap. Teknik dasar yang digunakan adalah teknik pancing. Teknik lanjutannya yaitu teknik cakap semuka, teknik catat dan rekam. Metode yang digunakan dalam analisis data adalah metode padan referensial. Teknik dasar yang digunakan adalah Teknik Pilah Unsur Penentu (PUP), dengan Teknik Lanjutan Teknik Hubung Banding Membedakan (HBB). Hasil analisis data menggunakan metode penyajian formal dan informal. Hasil analis diperoleh tiga puluh empat nama makanan berbahan baku ubi di Minangkabau. Asal-usul penamaannya ditemukan yaitu peniruan bunyi, sifat khas, penemu atau pembuat, tempat asal, bahan, keserupaan, dan penamaan baru

Keywords


Nama; Penamaan; Makanan; Ubi; Minangkabau

Full Text:

PDF (Indonesian)

References


Alwi, Hasan dkk. 2007. Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta: Balai Pustaka.

Baehaqie. 2007, Semiotis Nama-Nama Makanan dalam Sesaji Selamatan Tingkeban di Dukuh Palem. Artikel. Yogyakarta. Pascasarjana Universitas Gadjah Mada.

Burhanuddin, Erwina dkk. 2009. Kamus Bahasa Minangkabau-Indonesia Balai Pustaka Padang. Pusat Bahasa Departemen Pendidikan Nasional.

Chaer, Abdul. 2007. Leksikologi & Leksikografi Indonesia. Jakarta: Rineka Cipta. 2002. Pengantar Semantik Bahasa Indonesia. Jakarta: Rineka Cipta.

Chaer, Abdul. 2003. Linguistik umum. Jakarta: Rineka Cipta.

Djajasudarman, Fatimah. 1993. Semantik 1 Pengantar Kearah Ilmu Makna. Bandung: PT Eresco anggota IKAPI.

Kridalaksana, Harimurti. 1986. Kelas Kata dalam Bahasa Indonesia. Jakarta: Gramedia. 2008. Kamus Linguistik. Jakarta: Gramedia.

Kridalaksana, Harimurti. 2007. Pembentukan Kata dalam Bahasa Indonesia. Jakarta: Gramedia.

Mahsun. 2005. Metode Penelitian Bahasa. Jakarta : PT RajaGrafindo Persada.

Pateda, Mansoer. 2011. Linguistik (Sebuah Pengantar). Bandung : Angkasa.

Ramlan. 2012. Morfologi Suatu Tinjauan Deskriptif. Yogyakarta : C.V. Karyono

Rukmana, R. 2002. Ubi kayu : Budidaya dan Pasca Panen. Yogyakarta : Kanisius Santoso, Riyaldi. 2003. Semiotika Sosial: Pandangan Terhadap Bahasa. Surabaya: Pustaka Eureka.

Setiapani. 2015. Fenomena penggunaan nama-nama unik pada makanan di bandung : kajian semantik kognitif. Bandung. Fakultas Bahasa dan Sastra Universitas Pendidikan Indonesia.

Sudaryanto. 1993. Metode dan aneka teknik analisis bahasa. Yogyakarta: Duta Wacana University Press.

Sudaryanto. 1986. Metode Linguistik: Bagian Pertama ke Arah Memahami Metode Linguistik. Yogykarta : Gajah Mada University Press.

Sudaryat, Yayat, 2009. Makna dalam Wacana. Bandung : CV. Yrama Widya.




DOI: http://dx.doi.org/10.25077/we.v8.i1.133

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


REPOSITORI / TERINDEKS DALAM

          

 

 

 

STATISTIK PENGUNJUNG

Flag Counter