NILAI-NILAI DIDAKTIS DALAM NOVEL KUTUB TAK BERSALJU KARYA AMIKA AN

Dahlia Delfitri, Herry Nur Hidayat, Yerri Satria Putra

Abstract


Tulisan ini merupakan deskripsi nilai-nilai didaktis yang ada dalam novel Kutub Tak Bersalju. Nilai-nilai didaktis diperoleh melalui analisis menggunakan teori struktural, yakni  unsur intrinsik. Melalui unsur intrinsik  tersebut dapat ditemukan  nilai-nilai didaktis yang terdapat dalam novel Kutub Tak Bersalju. Hasilnya, nilai-nilai didaktis dalam novel Kutub Tak Bersalju antara lain: nilai tauhid yaitu nilai keimanan dan ketakwaan, kepedulian dan kasih sayang, kegigihan keuletan, kerja keras dan mandiri, kesabaran, cinta damai, dan menghargai prestasi.

 


Keywords


Novel; Kutub Tak Bersalju; Nilai-Nilai Didaktis; Unsur Intrinsik

Full Text:

PDF (Indonesian)

References


An, Amika. 2014. Kutub Tak Bersalju. Depok: Indie Publishing.

Ahmad, Abu dan Nur Uhbiyati. 1991. Ilmu Pendidikan. Jakarta: PT Rineka Cipta.

Bertens, K. 2001. Etika. Jakarta: Pustaka Utama.

Departemen Pendidikan Nasional. 2002. Kamus Besar Bahasa Indonesia. Edisi keempat. Jakarta: Balai Pustaka.

Endraswara, Suwardi. 2011. Metodologi Penelitian Sastra: Epistemologi, Model, Teori, dan Aplikasi. Yogyakarta: CAPS.

Fananie, Zainuddin. 2011. Pedoman Pendidikan Modern. Solo: PT Tiga Serangkai Pustaka Mandiri.

Herimanto. 2016. Ilmu Sosial & Budaya Dasar. Jakarta: Bumi Aksara.

Hanani, Silfia. 2002. Surau. Bandung: Humaniora Utama Press(HUP).

Haya, Asra. 2015. Nilai-Nilai Didaktis Dalam Cerita Anak Harian Kompas 2013”. (Skripsi). Padang: Jurusan Sastra Indonesia Fakultas Ilmu Budaya Universitas Andalas.

Izharman, 2014. Pendidikan Agama Islam Pembentukana Kepribadian Islami. BPKM.

Kurniawan, Heru. 2009. Sastra Anak dalam Kajian Strukturalisme, Sosiolog, Semiotika, Hingga Penulisan Kreatif. Yogyakarta: Graha Ilmu.

Mashita, Mutia. 2013. Nilai-Nilai Pendidikan dalam novel Sepatu Dahlan Khrisna Pabichara. Diakses pada tanggal 15 Juli 2018, pada pukul 20:45 Wib.

Muslich, Masnur. 2011. Pendidikan Karakter: Menjawab Tantangan Krisis Multidimensional. Jakarta: PT Bumi Aksara.

Nurgiyantoro, Burhan. 1995. Teori Pengkajian Fiksi. Yogyakarta. Gadjah Mada University Press.

Pradopo, Djoko Rahmat. 1994. Prinsip-prinsip Kritik Sastra. Gadjah Mada University Press.

Ratna, Nyoman Kutha. 2004. Teori, Metode dan Teknik Penelitian Sastra. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Suriasumantri, Jujun S. 2006. Ilmu Dalam Prespektif Sebuah Karangan Tentang Hakekat Ilmu. Jakarta: Yayasan Obor Indonesia.

Sudjiman, Panuti. 1992: Memahami Cerita Rekaan. Bandung: Pustaka Jaya.

Semi, Atar. 1984. Anatomi Sastra. Padang: FPBS IKIP.

Suryani, Yuli Fitria. 2006. “Nilai-nilai Didaktis Dalam Cerita Anak Di Surat kabar Singgalang Minggu”(Skripsi). Padang: Jurusan Sastra Indonesia Fakultas Ilmu Budaya Universitas Andalas.

Sonata, dkk. 2014.Tinjauan structural dan Nilai Pendidikan dalam Novel Bidadari Surga karya Tere Liye. Diakses pada tanggal 15 Juli 2018, pada pukul 21:15Wib

Sepniyantika, Rice. 2012. “Nilai-Nilai Didaktis Dalam Novel Cinta Suci Zahrana Karya Habiburahman El Shirazy.”(Skripsi). Padang:Jurusan Sastra Indonesia Fakultas Ilmu Budaya Universitas Andalas.

Wellek dan Warren.1990, Teori Kesusastraan. Jakarta: Gramedia.




DOI: http://dx.doi.org/10.25077/we.v9.i2.151

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


 

 

 

Flag Counter