CERITA PROSA RAKYAT DI SURAU TUANKU MUDIAK TAMPANG: DOKUMENTASI DAN KLASIFIKASI

Rafika Duri, Eka Meigalia, Pramono Pramono

Abstract


Artikel ini mendeskripsikan klasifikasi hasil dokumentasi cerita prosa rakyat yang ada di sekitar Surau Tuanku Mudiak Tampang, Rao, Kabupaten Pasaman. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan studi lapangan dengan langkah-langkah observasi, wawancara, pencatatan, transkipsi, klasifikasi, serta analisis cerita. Hasilnya, ditemukan dua puluh tiga cerita prosa rakyat di sekitar Surau Tuanku Mudik Tampang, Rao, Kabupaten Pasaman. Setelah didokumentasikan dan dilakukan pengklasifikasian semua cerita prosa rakyat dikelompokkan ke dalam legenda, lima cerita jenis legenda setempat, satu cerita legenda alam gaib, tujuh cerita legenda perseorangan, dan sepuluh cerita  legenda keagamaan.


Keywords


Cerita Prosa Rakyat; Folklor; Mudiak Tampang; Rao; Surau

Full Text:

PDF (Indonesian)

References


Azra, Azyumardi. 2003. Surau Pendidikan Islam dalam Transisi dan Modernisasi. Jakarta: Logos Wacana Ilmu.

Danandjaja, James. 1991. Folklor Indonesia, Ilmu Gosip, Dongeng, Dan lain-lain. Jakarta: Grafiti.

Endraswara, Suwardi. 2009. Metode Penelitian Folklor. Yogyakarta: MedPress.

Endraswara, Suwardi. 2003. Metodologi Penelitian Sastra: Epistemologi, Mode, Teori, dan Aplikasi. Yogyakarta: Pustaka Widyatama.

Fitreni, Neti. 2015. “Ungkapan Larangan Rakyat di Kenagarian Lubuk Layang Kecamatan Rao Selatan Kabupaten Pasaman”. (skripsi). Padang: Universitas Negeri Padang.

Husnadi, Jupri dkk. 2014. http://juprihusnadi.blogspot.com/2014/12/tuanku-syekh- mudik-tampang-rao.html?m=1. Diakses pada tanggal 28 Januari 2019, pada pukul 10.15 Wib.

Kato, Tsuyoshi. 2005. Adat Minangkabau dan Merantau: Dalam Perspektif Sejarah. Jakarta: Balai Pustaka.

Sudrya, Anita. 2012. “Dokumentasi dan Analisis Fungsi Cerita Rakyat dalam Masyarakat, Kecamatan Panti, Kabupaten Pasaman” (skripsi). Padang: Universitas Andalas.




DOI: http://dx.doi.org/10.25077/we.v9.i2.152

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


REPOSITORI / TERINDEKS DALAM

          

 

 

 

STATISTIK PENGUNJUNG

Flag Counter