CAMPUR KODE DALAM PERCAKAPAN DI AKUN FACEBOOK ONLINE SHOP BERBAHASA MINANGKABAU

Tiwi Amelia Agustina, Reniwati Reniwati, Lindawati Lindawati

Abstract


Artikel ini mendeskripsikan bahasa yang membentuk peristiwa campur kode, mendeskripsikan satuan lingual, dan menjelaskan penyebab terjadinya campur kode pada tuturan penjual dan pembeli online shop dalam akun facebook.Adapun teori yang digunakan dalam penelitian ialah teori di bidang sosiolinguistik yang berkait dengan peristiwa campur kode dan dan  faktor  penyebab terjadinya campur kode.Metode yang digunakan dalam pengumpulan data  ialah metode simak dengan teknik dasar sadap, kemudian dilanjutkan dengan teknik lanjutan catat. Dalam analisis data digunakan metode padan translasional dengan teknik dasar teknik pilah unsur penentu dan teknik lanjutan teknik teknik hubung banding memperbedakan. Populasinya ialah seluruh tuturan campur kode pada akun facebook online shop. Sampelnya yaitu tuturan yang memperlihatkan  peristiwa campur kode pada 11 akun  yang berteman dengan akun milik peneliti.DarianalisisdatacampurkodepadafacebookonlineshopberbahasaMinangkabau ditemukan tiga bahasa yang membentuk peristiwa campur kode, yaitucampurkodebahasaMinangkabaudenganbahasaIndonesia,bahasaMinangkabau dengan bahasa Inggris, dan bahasa Minangkabau dengan bahasaIndonesia dan bahasa Inggris. Ujud dari campur kodeberbentuk satuan lingual kata, frasa, klausa, dan kalimat. Faktor yang menyebabkanterjadinya campur kode ialah latar belakang penutur, latar belakang kebahasaanpenutur,danfaktorkebutuhan.


Keywords


Minangkabau; Campur Kode; Online Shop; Facebook

Full Text:

PDF (Indonesian)

References


Badan Pembinaan dan Pengembangan Bahasa. (2020). Kamus Besar Bahasa Indonesia. Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

Chaer, A., & Agustina, L. (2010). Sosiolinguistik Perkenalan Awal. Rineka Cipta.

Fitria, T. N. (2017). Bisnis Jual Beli Online (Online Shop) dalam Hukum Islam dan Hukum Negara. JURNAL ILMIAH EKONOMI ISLAM. https://doi.org/10.29040/jiei.v3i01.99

Mahsun. (2015). Metode Penelitian Bahasa Tahapan Strategi, Metode, dan Tekniknya. Pustaka Pelajar.

Nababan, P. W. J. (1991). Sosiolinguistik Suatu Pengantar. Gramedia Pustaka Utama.

Ramlan, M. (2001). Sintaksis Ilmu Bahasa Indonesia. CV Karyono.

Saydam, G. (2004). Kamus Lengkap Bahasa Minangkabau. Pusat Pengkajian Islam dan Minangkabau (PPIM).

Sudaryanto. (1993). Metode dan Aneka Teknik Analisis Bahasa: Pengantar Penelitian Wahana Kebudayaan Secara Linguistis. Duta Wacana University Press.

Suwito. (1985). Pengantar Awal Sosiolinguistik Teori dan Praktik. Henary Offset.




DOI: http://dx.doi.org/10.25077/we.v10.i1.157

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


 

 

 

Flag Counter