ANALISIS PERANGKAT PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA BUATAN GURU SMPN 4 SUNGAI RAYA PADA MASA PANDEMI COVID-19
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh pentingnya perangkat pembelajaran dalam proses pembelajaran karena pada masa pandemi saat ini interaksi antara guru dan siswa menjadi terbatas. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan kualitas atau kesesuaian Rencana Pelaksanaan Pembelajaran, bahan ajar, dan perangkat evaluasi yang dibuat dan digunakan oleh guru bahasa Indonesia di SMPN 4 Sungai Raya. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif. Data dalam penelitian ini bersumber dari guru Bahasa Indonesia kelas VIII SMPN 4 dan buku pegangan modul pengayaan. Berdasarkan hasil analisis dapat diketahui bahwa RPP yang dibuat dan digunakan oleh guru dapat mencerminkan esensi dari suatu proses perencanaan dengan hubungan antara tujuan pembelajaran dan pelaksanaan pembelajaran, bahan ajar dapat ditemukan bersumber dari modul pengayaan buku pegangan guru dan ditambah dengan video pembelajaran, dan alat evaluasi.
Keywords
Full Text:
PDF (Indonesian)DOI: http://dx.doi.org/10.25077/we.v10.i2.174
Refbacks
- There are currently no refbacks.
REPOSITORI / TERINDEKS DALAM
STATISTIK PENGUNJUNG