UNSUR-UNSUR MAGIS DALAM LIRIK LAGU MINANGKABAU

Nindie Cecioria

Abstract


Minangkabau people believe in magical practice. This believeness also reflected on their songs. This article describes that matter through song lyrics. Using sociological approach with library research and interview, the result shows that Minangkabaukabau song (Gasiang Tangkurak, Sampelong, Limau Kiriman Urang, and Kasiak Tujuah Muaro) have magical practice contents. Those contents also reflect one of cultural tradition of Minangkabaukabau people.


Keywords


lagu Minangkabau; lirik; magis

Full Text:

CECIORIA PDF

References


Aulia, Nur. 2010. “Sihir dan Pengertiannya”. Dalam Artikel Pengertian Sihir Orang. diakses tanggal 23 November 2010.

Azira, Azyumardi, 2003, Surau Pendidikan Islam Tradisional dalam Transisi dan Modernisasi, Jakarta: Logos Wacana Ilmu.

Damono, Supardi Djoko. 1979. Sosiologi Sastra Sebuah Pengantar Ringkas. Jakarta; Pusat Pembinaan dan Pengembangan Bahasa.

Endaswara, Suwardi. 2000. Metode Penelitian Sastra. Yogyakarta. Gajah Mada University Perss.

Fitrianiti, 2005 ”Tinjauan Resepsi Sastra Terhadap Lirik Lagu Minangkabau Modern karya Nedi Gampo”(skripsi). Fakultas Sastra Universitas Andalas, Padang.

Gayatri, Satya. 1992. “Struktur Lirik Pada Lagu Minangkabau Modern Karya Yusuf Rahman” (Skripsi). Fakultas Sastra Universitas Andalas, Padang.

Hakimy, Idrus Dt. Rajo Pangulu,1991. Pokok-Pokok Pengetahuan Adat Alam Minangkabaukabau, Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Hamka, 1982. Ayahku. Jakarta: Umminda.

Herlinawati, 2000. ”Pergeseran makna pada Lirik Lagu Pop Indonesia Populer yang Diterjemahkan ke dalam Bahasa Minangkabau: Sebuah Kajian Semiotik”(skripsi). Fakultas SastraUniversitas Andalas.

Jabrohim. 2001. Metode Penelitian Sastra. Yogyakarta: Hanindita Graha Widya.

Jong, De. 2010. “Pengertian Magis”. Dalam artikel pengertian sihir orang. diakses tanggal 22 November 2010.

Junus, Umar. 1984. Kaba dan Sistem Sosial Minangkabaukabau Suatu Problema Sosial Sastra. Jakarta; Balai Pustaka.

Kato, Tsuyoshi, 2005. Adat Minangkabaukabau dan Merantau dalam perspektif Sejarah, Jakarta: Balai Pustaka.

Mainevi, Andra. 2009. : Fenomena Sosial Masyarakat Minangkabaukabau Dalam Lirik Lagu Salamaik Pagi Minangkabaukabau Karya Agus Taher “ (Skripsi). Padang; Fakultas Sastra Universitas Andalas.

Navis, A.A, 1984.Alam Terkembang Jadi Guru Adat dan Kebudayaan Minangkabaukabau, Jakarta: PT Temprint

Nizar, Haryati, 2004, Bundo Kanduang Dalam Kajian Islam dan Budaya, Padang: Pusat Pengkajian Islam dan Minangkabaukabau.

Ratna, Nyoman Kutha. 2003. Paradigma Sosiologi Sastra.Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Rusydi, H. 1983. Pribadi dan Martabat Buya Prof. Dr Hamka. Jakarta: Pustaka Panjimas.

Semi, Atar. 1988. Anatomi Sastra. Padang; Angkasa Raya.

Suryana. 2008 ”Pencitraan Tentang Kekerasan Terhadap Perempuan Minangkabaukabau dalam Lirik Lagu Minangkabau Modern: Tinjauan Feminisme”(skripsi). Fakultas Sastra Universitas Andalas, Padang.

Yulia, Novi. 2010. “Perubahan sosial-budaya Minangkabaukabau dalam lirik lagu pada album Elly Kasim 1960-1970 volume I dan II”. ( Skripsi ). Padang. Fakultas Sastra Universitas Andalas.




DOI: http://dx.doi.org/10.25077/we.v2.i2.22

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


REPOSITORI / TERINDEKS DALAM

          

 

 

 

STATISTIK PENGUNJUNG

Flag Counter