KOSA KATA BAHASA MINANGKABAU OLEH PENUTUR TUA DAN PENUTUR MUDA

Werni Werni

Abstract


Artikel ini mendeskripsikan kata-kata yang mengalami perubahan pada kosa kata Bahasa Minangkabau oleh Penutur Tua dan Penutur Muda BMPTPM di Kanagarian Gunuang Rajo dan faktor penyebab terjadinya perubahan tersebut.
Metode yang digunakan terdiri dari tiga tahap, penyediaan data, tahap analisis data, dan tahap penyajian hasil analisis data. Metode dan teknik yang digunakan pada tahap penyediaan data adalah metode cakap dan metode simak. Pada metode cakap digunakan teknik cakap semuka, teknik pancing, teknik catat, dan teknik rekam, sedangkan pada metode simak digunakan teknik sadap, kemudian dilanjutkan dengan beberapa teknik yaitu teknik Simak Libat Cakap (SLC) dan teknik Simak Bebas Libat Cakap (SBLC). Dalam analisis data digunakan metode padan referensial dan translasional dengan teknik dasar, yaitu teknik pilah unsur penentu (PUP). Teknik lanjutannya teknik hubung berbanding memperbedakan (HBB).
Hasil analisis data dan klasifikasi ditemukan dua bentuk perubahan penggunaan kosa kata BMPTPM di Kanagarian Gunuang Rajo yaitu 1) Kata-kata yang hilang atau tidak dipakai lagi yang disebabkan oleh faktor internal dan eksternal. Faktor internal yaitu: pertentangan homonimis. Faktor eksternal yaitu: segi kemasyarakatan, usia, pendidikan dan bahasa asing, 2) Munculnya kosa kata baru ditemukan hanya berupa kata-kata baru yang dibentuk dari luar BMPTPM di Kanagarian Gunuang Rajo.


Keywords


Perubahan, kosa kata, faktor, penutur tua, penutur

Full Text:

PDF

References


Chaer, Abdul. 2003. Linguistik Umum. Jakarta: Rineka Cipta.

Chaer, Abdul. 2010. Sosiolinguistik Perkenalan Awal. Jakarta: Rineka Cipta.

Chaer, Abdul. 2003. Linguistik Umum. Jakarta: Rineka Cipta.

Balai Bahasa. 2009. Kamus Bahasa Minangkabau-Indonesia. Padang: Pusat Bahasa Departemen Pendidikan Nasional.

Depkes RI. 2009. Kategori umur menurut Depkes RI dan Organisasi Kesehatan Dunia http://borupangggoaran.blogspot.co.id/2013/04/kategori-umurmenurut-depkes.html

Jasminah. 1998. “Beberapa Pungutan Kosa Kata Bahasa Sansekerta yang Dapat Menunjang Pertumbuhan Bahasa Indonesia”. (Skripsi) Padang: Fakultas Sastra Universitas Andalas.

Kridalaksana, Harimurti. 2008. Kamus Linguistik Edisi Keempat. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama.

Kartika. 2010. “Studi Kasus Perubahan Kosa Kata Sunda Kabupaten Bogor”. Padang: Skripsi Sastra Universitas Andalas.

Nadra. 2006. Rekonstruksi Bahasa Minangkabau. Padang: Andalas University.

Sudaryanto. 1993. Metode dan Teknik Analisis Bahasa. Yogyakarta: Duta Wacana University Press.

Sumarsono dan Paina Partana. 2002. Sosiolinguistik. Yogyakarta: SABDA.

Usman, Hakim dkk. 1979. Pengantar Ilmu Kosa Kata (Leksikologi). Padang: Badan Penerbit Jurusan Bahasa dan Sastra Indonesia Fakultas Keguruan Seni IKIP Padang.

Yofitrina. 2011. “Perbandingan Kosa Kata Bahasa Minangkabau yang Sama dengan Bahasa Indonesia”. (Skripsi) Padang: Fakultas Ilmu Budaya Universitas Andalas.

Yohana. 2006. “Perubahan Kosa Kata Bahasa Minangkabau Isolek Silungkang”. (Skripsi) Padang: Fakultas Sastra Universitas Andalas.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.