TUTURAN KEINTEROGATIFAN BAHASA BUGIS WAJO’ ISOLEK DI PADANG TIKAR: KAJIAN FONETIK AKUSTIK

Yolanda Oktaviani, Agus Syahrani, Mellisa Jupitasari

Abstract


Masyarakat Bugis Wajo’ Isolek di Padang Tikar khususnya Kecamatan Batu Ampar, Kabupaten Kubu Raya masih menjaga dan melestarikan bahasa daerah. dalam hal ini penelitian ini difokuskan pada tuturan keinterogatifan bahasa Bugis Wajo’ Isolek di Padang Tikar melalui kajian fonetik akustik. Masalah dalam penelitian ini mencangkup aspek intensitas, durasi serta frekuensi bunyi pada bahasa Bugis Wajo’ isolek di Padang Tikar.  Peneliti menggunakan metode deskriptif kuantitatif dan menggunakan pendekatan kajian fonetik akustik sebagai alat kajian analisis. Sumber data dalam penelitian ini, peneliti ambil dari penutur asli bahasa Bugis Wajo’ Isolek di Padang Tikar. Pengambilan data menggunakan teknik wawancara secara mendalam, teknik simak libat cakap, perekaman dan pencatatan dengan menggunakan alat pengumpulan data, yaitu alat perekam, komputer jinjing, alat tulis, dan handpone.Penelitian ini berhasil menghimpun 28 kalimat tuturan interogatif bahasa Bugis Wajo’ Isolek di Padang Tikar yang di tuturkan oleh 4 informan. Selain itu, hasil akhir dari pengelolah data dari penelitian ini disajikan dalam bentuk tabel dan angka-angka dengan menggunakan aplikasi Praat sebagai alat analisis data. Data tersebut dianalisis berdasarkan ciri akustiknya, intensitas, durasi, serta frekuensi. Hasil penelitian ini diharapkan dapat terinventarisasi dan terdokumentasi, serta dapat menyubang literatur kebahasaan khususnya literatur bahasa daerah. 


Keywords


Bugis Wajo; fonetik akustik; kalimat interogatif; aplikasi Praat

Full Text:

PDF (Indonesian)

References


Agustin, Risa. 2017. Kamus Lengkap Bahasa Indonesia. Surabaya: Serba Jaya.

Aminoedin, dkk. 1984. Fonologi Bahasa Indonesia Sebuah Studi Deskriptif. Jakarta: Pusat Pembinaan dan Pengembangan Bahasa Departemen Pendidikan dan Kebudayaan.

Anggaira, Aria Septi. 2016. Pemerolehan Fonologi dan Metatesis Studi Kasus pada Anak Usia 2 Tahun 10 Bulan. Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra. Vol 16, No 2, Oktober 2016, Hlm 213-224.

Antari, Yuni Wayan dan Made Sri Satyawati. 2017. Analisis Penggunaan Kalimat Bahasa Indonesia pada Kalangan Siswa Kelas V Sekolah Dasar Negeri 10 Sanur, Denpasar. Denpasar: Universitas Udayana.

Anton, M, dkk. 2017. Tata Bahasa Baku Bahasa Indonesia. Jakarta: Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa.

Asriati, Nuraini, dkk. 2019. Pedoman Penulisan Karya Ilmiah Skripsi, Tesis, dan Artikel Hasil Penelitian. Pontianak: Universitas Tanjungpura.

Barus, Asni. 2007. Pemarkah Keinterogatifan Ciri Akustik dalam Bahasa Karo. Medan: Universitas Sumatera Utara.

Bappeda Kubu Raya. 2021. Peta Wilayah Potensi & Peluang Investasi Kabupaten Kubu Raya. Diakses tanggal 21 Januari 2021.

Chaer, Abdul. 2019. Linguistik Umum. Jakarta: Rineka Cipta.

Fasold, Ralph W. 2013. An Introduction to Language and Linguistics. New York: Cambridge University Prees.

Finegan, Edward. 2003. Language Its Structure and Use. Boston: Michael Rosenberg.

Fromkin, Victoria A. 2000. Linguistics An Introduction to Linguistic Theory. Massachusetts: Blackwell Publushers Inc.

Griffiths, Patrick. 2006. An Introduction to English Semantics and Pragmatics. Edinburgh: Edinburgh University Press Ltd.

Henilia. 2008. Prosodi Pantun Melayu (Dalam Acara Perkawinan Adat Melayu Deli). Medan: Universitas Sumatera Utara.

Heryono, Heri. 2019. Pengukuran Pitch dan Intensity Diftong Tertinggi Menggunakan Program Praat. Jurnal Linguistik Komputasional. Vol.2, No 2. September 2019.

Irawan, Yusuf. 2017. Fonetik Akustik. Bandung: Angkasa.

Irawan, Yusuf dan Arawinda Dinakaramani. 2019. Fonetik & Fonologi Melodi Bahasa: Prosodi. Bandung: Alfabeta.

Isaura, Deni. 2011. Variasi Fonologis Bahasa Jawa di Kabupaten Pemalang. Semarang: Universitas Negeri Semarang.

Janella, Tiara. 2019. Kajian Psikolinguistik Terhadap Gangguan Mekanisme Berbicara (Studi Kasus Raisya dan Athaya). Pontianak: Universitas Tanjungpura.

Katz, William. F. 2013. Somoud Barghouthy Phonetics for Dummies. New Jersey: John Wiley & Sons, Inc.

Khairawati dan Andina Nurul Wahidah. 2019. Menara Penelitian Mudah Memahami & Mengaplikasikan Rancangan Penelitian. Pontianak: IAIN Pontianak Press.

Lapoliwa, Hans. 1988. Pengantar Fonologi I: Fonetik. Jakarta: Departemen Pendidikan dan Kebudayaan.

Lyons, John. 1995. Pengantar Teori Linguistik. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama.

Mahsun. 2012. Metode Penelitian Bahasa. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Mardhatillah, Fatimah. 2013. Analisis Fonologi Bahasa Minangkabau di Kanagarian Simarasok Kecamatan Baso. Padang: Universitas Andalas.

Marsono. 2012. Fonetik. Yogyakarta: Gadjah Mada University Press.

Marsudi. 2006. Analsiis Frekuensi Formant pada Lima Huruf Hidup Bahasa Indonesia Dialek Jawa dan Bahasa Bima. Jurnal Linguistik Terapan. Vol.7, No. 2, November 2017.

Mulyadi, Rodiyah Harahap. 2018. Kata Tanya dalam Konstraksi Interogatif Bahasa Mandailing. Sumatera: Universitas Sumatera Utara.

Muslich, Masnur. 2012. Fonologi Bahasa Indonesia. Jakarta: Bumi Aksara.

Muslich, Masnur. 2018. Fonologi Bahasa Indonesia. Jakarta: Bumi Aksara.

Nafisah, Saidatun. 2017. Proses Fonologis dan Pengkaidahannya dalam Kajian Fonologis Generatif “https://Journal.lppmunindra.ac.id/ index.php/ deiksis/ article/ download/ 940/ 1058. Diakses tanggal 20 Februari2021.

Nasehudin, Toto Syatori dan Nanang Gozali. 2015. Metode Penelitian Kuantitatif. Bandung: CV Pustaka Setia.

Nugraha, Rama Raditya Widi. 2019. Maksud Imperatif dalam Modus Deklaratif dan Interogatif pada Interaksi Penjual dan Pembeli Secara Daring di H&M Toys-Hobbies. Yogyakarta: Universitas Sanata Dharma.

Rizal, Fach. 2016. Sistem Reduplikasi Bahasa Muna (Suatu Kajian Transformasi Generatif). Jurnal Humanika Vol.1, No 16, Maret 2016/ISSN 1979-8296.

Samsuri. 1994. Analisis Bahasa. Jakarta: Erlangga.

Saragih, Elza Leyli Lisnora. 2013. Implementasi Program Praat melalui Pembahasan Interjeksi dalam Perkuliahan Fonologi Mahasiswa Pendidikan Bahasa Indonesia FKIP Universitas HKBP Nommensen. Medan: Universitas HKBP Nommensen.

Sartini, Ni Wayan. 2012. Bahasa Pergaulan Remaja: Analisis Fonologi Generatif. https://Journal.unair.ac.id./Mzk@bahasa-pergaulan-remaja-analisis-fonologi-generatif-article-10210-Media-19-category-8.html. Jurnal Ilmu Humaniora, 12 (6), 92-209. Diakses pada tanggal 20 Februari 2021.

Satifa, Erma. 2009. Prosodi Syair Madihin pada Adat Perkawinan Banjar di Langkat: Kajian Teks dan Fungsi. Medan: Universitas Sumatera Utara.

Setyowati, Dewi. 2017. Fonetik Akustik, Frekuensi, dan Durasi Bahasa Jawa Dialek Banyumas. Surakarta: Universitas Sebelas Maret.

Shaumiwaty. 2012. Fonologi Bahasa Gayo: Suatu Analisis Fonologi Generatif. Medan: Universitas Sumatera Utara.

Silalahi, Veraci. 2007. Kontras Tuturan Deklaratif dan Interogatif Bahasa Batak Toba (Kajian Fonetik Akustik). Medan: Universitas Sumatera Utara.

Sugiyono.2012. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sugiyono. 2017. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Taniredja, Tukiran dan Hidayati Mustafidah. 2014. Penelitian Kuantitaif (Sebuah Pengantar). Purwokerto: Alfabeta.

Tarigan, Hendry Guntur. 2015. Pengajaran Sintaksis. Bandung: Angkasa.

Tim Pengembangan Pedoman Bahasa Indonesia. 2016. Pedoman Umum Ejaan Bahasa Indonesia. Jakarta: Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

Varga, Laszlo. 2010. Introduction to English Linguistic A Companion to the Seminar. Budapest: Eotvos Lorand University.

Winarno, Frans. 2013. Fonologi Bahasa Dayak Menterap Kabut. Pontianak: Universitas Tanjungpura.

Wulandari, Ratih Devi. 2010. Analisis Fonetik Kata Pinjaman dalam Lirik Lagu Hip Hop Rusia. Depok: Universitas Indonesia.

Yusuf, Suhendra. 1998. Fonetik dan Fonologi. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama




DOI: http://dx.doi.org/10.25077/we.v10.i1.158

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


REPOSITORI / TERINDEKS DALAM

          

 

 

 

STATISTIK PENGUNJUNG

Flag Counter