PEMBELAJARAN TEKS PUISI RAKYAT

Haji Tatiyana, Martono Martono, Mellisa Jupitasari

Abstract


Penelitian ini adalah penelitian mengenai pembelajaran yang dahulunya dilaksanakan secara tatap muka namun saat ini dilaksanakan secara daring, Sehingga perlu diketahui pelaksanaan pembelajaran daring yang dilakukan efektif atau tidak dalam melaksanakan pembelajaran khususnya teks puisi rakyat. Selanjutnya masalah yang diangkat dalam penelitian ini adalah mengenai perencanaan, pelaksanaan, penilaian pembelajaran teks puisi rakyat di kelas VII SMP Yakhalusti Pontianak yang dilakukan secara daring. Tujuan dari penelitian ini adalah mendeskripsikan perencanaan, pelaksanaan, dan penilaian pembelajaran teks puisi rakyat di kelas VII SMP Yakhalusti Pontianak yang dilakukan secara daring. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif. Data dalam penelitian ini bersumber dari guru Bahasa Indonesia kelas VII. Berdasarkan analisis yang telah dilakukan berdasarkan rumusan masalah yang telah dibuat. Pertama, pada perencanaan pembelajaran, dalam perencanaan pembelajaran ini RPP yang dibuat guru sudah memenuhi standar karena terdapat bagian pendahuluan, kegiatan ini, dan penutup pembelajaran yang menjadi komponen RPP. Kedua, pelaksanaan pembelajaran, terdapat kesulitan yang dialami guru maupun siswa dalam melaksanakan pembelajaran secara daring yaitu, guru kesulitan untuk berinteraksi dengan siswa karena tidak bertemu secara langsung, siswa yang tidak memiliki gawai kesulitan dalam mengikuti pembelajaran yang dilakukan secara daring. Ketiga, penilaian pembelajaran, penilaian pembelajaran yang dilaksanakan secara daring hanya menekankan pada penilaian pengetahuan. Namun meskipun demikian nilai yang diperoleh siswa dalam pembelajaran daring sudah memcapai standar kompetensi yaitu separuh dari jumlah siswa sudah lulus dalam materi teks puisi rakyat.


Keywords


Pembelajaran Daring; Folklor; Teks Puisi Rakyat

Full Text:

PDF (Indonesian)

References


Pohan, Albert Efendi. 2020. Konsep Pembelajaran Daring Berbasis Pendekatan Ilmiah. Purwodadi-Grobogan: CV Sarnu Untung.

Martono. 2016. Perencanaan Pembelajaran Bahasa Indonesia. Pontianak: Top Indonesia.

Priyatni, Endah Tri. 2014. Desain Pembelajaran Bahasa Indonesia dalam Kurikulum 2013. Jakarta: PT Bumi Aksara

Supardi, 2015. Penilaian Autentik, Kognitif, dan Psikomotor: Konsep dan Aplikasi. Jakarta: Raja Wali Pers.

Moleong, Lexy J. 2007. Metode Penelitian Kualitatif. Bandung: PT Remaja Rosdakarya Offset.

Anggito Albi & Setiawan Johan, 2018. Metodologi Penelitian Kualitatif. Jawa Barat: CV Jejak

Khoerunnisa, Elis, dkk. 2019. Super Complete SMP/MTs 7,8,9. Depok: Sahabat Pelajar Cerdas.

Arifin, Zaenal dan Farid Hadi. 2015. Seribu Satu Kesalahan Berbahasa Badan Penyuluhan Bahasa Indonesia. Jakarta: Akademika Pressindo.

Sukmadinata, Nana Syaodih. 2017. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Miles, Matthew B & Huberman, A. Michael. 1994. Qualitatif Data Analysis. London: Sage Publictions.

Sugiyono. 2016. Metode Penelitian Penddikan. Bandung: Alfabeta.




DOI: http://dx.doi.org/10.25077/we.v10.i2.171

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


REPOSITORI / TERINDEKS DALAM

          

 

 

 

STATISTIK PENGUNJUNG

Flag Counter